Sabtu, 06 November 2010

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AIR MINUM MINERAL DI KOTAMADYA SURABAYA

Tema : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Judul : ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AIR MINUM MINERAL DI KOTAMADYA SURABAYA

Nama : Febriyanti
Npm/kls : 10208497/3EA03

Mengenai masalah air, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pemerintah telah berusaha, bebas polusi, tetapi kenyataanya sampai saat ini banyak dijumpai air ledeng yang keruh karena masih banyak perusahaan membuang limbahnya ke sungai tanpa proses dahulu.
Melihat kondisi ini, banyak perusahaan yang berusaha memanfaatkan peluang untuk memproduksi air minum yang benar-benar bersih, bebas polusi dan menyehatkan dalam bentuk gelas, botol dan galon, dengan menggunakan merk seperti Aqua, 2Tang, Total, Ades dan sebagainya. Dari kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi air mineral. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk. Untuk itu produsen bersaing dan memrlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.
Menurut Essael (1987:1) ada tiga faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen, yaitu:
  1. Fungsi individual konsumen yang meliputi pendidikan dan pnghasilan konsumen.
  2. Pengaruh lingkungan.
  3. Strategi pemasaran, merupakan variabel yang dapat di kontrol oleh pemasar dalam usaha memberi informasi dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabel ini adalah produk, harga, distribusi, dan promosi.
Perubahan sosial ekonomi mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli, baik untuk kebutuhan primer maupun sekunder. Perubahan sosial ekonomi meliputi pendapatan dan tingkat pendidikan yang merupakan karakteristik pembeli. Untuk melakukan pembelian, konsumen tidak terlepas dari karakteristik produk baik mengenai penampilan, gaya, mutu dan harga dari produk tersebut. Penetapan harga oleh penjual akan berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen, sebab harga yang dapat di jangkau oleh konsumen akan cenderung membuat konsumen melakukan pembelian terhadap produk tersebut.
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan, pentingnya analisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan membeli dari suatu produk tertentu. Untuk dapat mengantisipasi pesatnya persaingan yang dihadapi perusahaan air minum mineral di Kotamadya Surabaya agar dapat memperhatikan eksistensinya, maka dipandang perlu di adakan penelitian.

Sumber : Ritawati Tedjakusuma, Sri Hartini dan Muryani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar