Sabtu, 30 April 2011

Karangan Rantai Deduksi

Nama : Febriyanti
Npm : 10208497 / 3EA03
Tugas 4 Bahasa Indonesia

1. 1. Rantai deduksi dengan tema “Rujak”

Semua rujak pedas rasanya. (hasil geberalisasi)

Kali ini saya diberi lagi rujak.

Sebab itu, rujak ini juga pasti pedas rasanya. (deduksi)

Saya tidak suka akan makan-makanan yang pedas rasnya. (induksi : generalisasi)

Ini adalah rujak.

Sebab itu, saya tidak suka makanan ini. (deduksi)

Saya tidak suka makan apa saja, yang saya tidak senangi (induksi : generalisasi)

Saya tidak suka makanan ini.

Sebab itu saya tidak memakannya. (deduksi)

2. 2.Rantai deduksi dengan tema “Bintang”

Semua bintang dilangit memiliki cahaya yang indah. (hasil generalisasi)

Saya mempunyai keinginan untuk menggapainya.

Oleh sebab itu, bintang yang saya ingin gapai memiliki cahaya yang sangat indah. (deduksi)

Sebenarnya saya sangat suka dengan keindahan cahaya bintang tersebut. (induksi:generalisasi)

Bintang ini adalah bintang yang memiliki cahaya yang sangat indah.

Sebab itu, saya sangat suka keindahan bintang dilangit. (deduksi)

Saya sangat suka bintang yang memiliki cahaya yang indah. (induksi:generalisasi)

Saya menyukai bintang tersebut.

Sebab itu, saya ingin menggapainya. (deduksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar