Selasa, 30 Maret 2010

REVIEW KASUS 1

Pendahuluan
hand phone untuk zaman sekarang ini tidak lah lagi sebagai Tersier / Mewah / Lux.dikarenakan telepon genggam atau yang sering di sebut hand phone (HP) sekarang ini merupakan kebutuhan sekunder .mengapa demikian karena hand phone sebagai alat komunikasi yang mudah di gunakan dan dapat di bawa kemana-mana,yang diman komunikasi merupakan kebutuhan manusia untuk saling berinteraksi dan menjalin hubungan sebagai makhluk sosial.
Karena banyaknya permintaan hand phone di pasaran oleh permintaan,maka saya akan membuat article review tentang respon konsumen tentang maraknya jenis hand phone yang berada di pasar .

Tujuan penelitian
1.Untuk mengetahui dan membuktikan bahwa perusahaan nokia yang berbasis teknologi komunikasi dari dahulu hinnga kini masih  eksis dan menjadi trend center(pemimpin) dalam penjualannya .dan sampai saat ini pula belum ada yang dapat menyaingi keunggulan-keinggulan nokia baik di antara tipe atau jenisnya lebih banyak menu yang sederhana,mudah mengganti cassing sesuai dengan selera,maupan dari segi penjualanya .
2.Juga untuk mengetahui loyaritas para konsumen terhadap produk HP yang sudah menjadi trend center para product pesaing nya .

Isi Artikel

Di zaman era informasi ini, alat komunikasi bergerak tidak lagi dikategorikan ssebagai barang mewah.Karena bukan hanya orang kalangan atas saja yang bisa membeli telepon seluler, tapi sekarang orang kalangan bawah pun bisa membeli dan memiliki telepon seluler tersebut.

Arikel ini membahas tentang meningkatnya jumlah pelanggan telepon seluler di Indonesia yang mengakibatkan bermunculan persaingan pasar seluler Dengan beragam merek .(nokia,sony ericson,blackberry,nexian,esia,siemens) meskipun banyak merek hand phone tetapi konsumen memilih merek hand phone NOKIA karena jenis ponsel ini banyak diminati konsumen ,karena di dukung oleh keunggulan-keunggulan yang makin canggih . pemasarn produk nokia jauh lebih pesat dibanding dengan merek ponsel lain ,seperti sony ericsso,dll .
Produk nokia selalu hadir dengan kecanggiha-kecanggihan yang mengikuti kemajuan tekhnologi .target pasar dari nokia sendiri yaitu dengan penbedaan (diferensiasi) , yang dapat di lihat dari sisi produk itu sendiri,yauitu nokia dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang praktis .

Manajer pemasaran nokia merencanakan strtegi advertensing atau promosi untuk bulan april yang akan datang dengan menyediakan anggaran sebesar Rp.30,000,000 .ada 4 alternatif media advertising yang sedang di telitih yaitu :
Memasang iklan pada surat kabar lokal dengan biaya sebesar Rp.350,000/iklan dan di harapkan dapat menjangkau 800 konsumen potensial .
Membeli seaiarn TV lokal biaya per 30 detik sebesar Rp.1,500,000 dan dapat menjangkau 7000 konsumen potensial .
Memasang iklan pada majalah dengan biaya Rp 1.000.000 per edisi dan dapat menjangkau 9.500 konsumen potensial.
Mendistribusikan contoh produk secara gratis dengan biaya sebesar Rp 100.000/peti berisi 200 unit HP, dan dapat menjangkau 350 konsumen potensial .




Kesimpulan

sama halnya dengan bangunan,bisnis yang baik di mulai juga dengan fondasi yang kokoh .
Fondasi yang di maksud dalm nerbisnis yaitu adalah kerjasama di dalam perusahaan tersebut dan juga kerjasama antara masyarakat(konsumen)dengan produsen dalam halkonsumen memberikan permintaan akan barang tersebut sesuai dengan target pasar yang di ingin kan produsen .sedangkan produsen dapat memuaskan konsumen dengan barang yang di tawarkan/yang dijualnya,
maka dengan demikian produsen tersebut dapat bertahan walaupan keadaan bisnis dunia sedang mengalami krisis sekalipun,karena antar konsumen dan produsen telah tejalin hubungan yang erat (saling memenuhi kebutuhannya) .

Kritik

banyaknya kelebihan yang diberikan oleh NOKIA kepada konsumen nya bukan berarti nokia tidak memiliki kekurangan dalam memberikan kepuasan kepada konsumennya.hal inilah harus di perhatikan oleh para produsen untuk tidak puas dalam memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada konsumen nya .
Saran

untuk hal penjualn Nokia sendiri harus lebih bisa membedakn konsumen yang pontensial untuk menambah penjualan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar