Kamis, 16 Desember 2010

Kepribadian dan Gaya Hidup

Nama : Febriyanti
Npm/kls : 10208497/3EA03

Kepribadian(personality) memiliki empat aspek penting,yaitu :
  1. Perilaku menunjukan konsistensi, agar dapat disebut kepribadian, perilaku seseorang harus konsistensi setiap waktu.
  2. Perilaku membedakan seseorang dengan yang lainnya, perilaku harus membedakan seseorang dengan yang lainnya :sebuah karakteristik kepribadian tidak dapat dibagi oleh semua konsumen.
  3. Perilaku berinteraksi dengan situasi, bahwa karakteristik kepribadian tidak berhubungan erat dengan jenis tertentu. Jadi, para peneliti tidak dapat memprediksi tindakan individu dengan akurat atas suatu kejadian tertentu dari suatu pengukuran kepribadian tunggal. Dalam istilah spesifik, berapa banyak kaleng kacang polong atau jenis furniture yang akan dibeli seseorang tidak dapat diprediksikan dengan melihat karakteristik kepribadian seseorang saja, di mana untuk pilihan seperti itu tergantung pada interaksi kepribadian, situasi dan produk. Interaksi kekuatan yang kompleks di dalam dan di antara faktor-faktor ini membuat hubungan rangsangan-tanggapan yang sederhana antara kepribadian dan pembelian tidak mungkin terjadi.
  4. Pengukuran kepribadian tunggal tidak dapat memprediksi perilaku tertentu, seperti merk mobil apa yang akan konsumen beli, bahwa kepribadian itu meredakan pengaruh pesan-pesan iklan dan situasi pemasaran terhadap perilaku konsumen. Variabel Moderat (moderating variable) adalah variabel perbedaan-individu yang berinteraksi dengan situasi konsumen dan atau jenis pesan yang sedang dikomunikasikan.
sumber : Buku Perilaku Konsumen / John C.Mowen, Michael Minor. jilid 1 edisi kelima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar