Sabtu, 18 Desember 2010

Model-model Segmen Target dan Kondisi Pasar

Nama : Febriyanti
Npm/kLs : 10208497/3EA03


Segmentasi Pasar

Membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Penetapan Target Pasar.

Proses mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.

PENETAPAN TARGET PASAR ( PASAR SASARAN )

Pasar Sasaran

Seperangkat pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama, yang diputuskan untuk dilayani oleh perusahaan.

1. Mengevaluasi Segmen Pasar

- Ukuran dan pertumbuhan segmen.

- Daya tarik structural segmen.

- Tujuan dan sumber daya perusahaan..

2. Memilih Segmen Pasar.

- Pemasaran tanpa diferensiasi ( Pemasaran massal ).

Strategi peliputan pasar dimana perusahaan mungkin memutuskan untuk mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap-tiap segmen pasar, dan masuk ke pasar secara keseluruhan dengan satu tawaran.

- Pemasaran yang terdiferensiasi.

Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan memutuskan untuk menetapkan beberapa segmen pasar atau relung pasar dan mendesain tawaran yang terpisah bagi masing-masing segmen.

Pemasaran terkonsentrasi

Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan memilih untuk meraih pangsa pasar yang besar pada satu atau beberapa subpasar.

3. Memilih strategi Peliput Pasar.

- Sumber daya yang dimiliki perusahaan.

- Tahapan produk dalam daur hidup.

- Homogenitas Pasar.

- Strategi pemasaran yang dilakukan pesaing.


contoh kasus :

Membaiknya pasar otomotif nasional pada 2010, membuat para agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil di Indonesia melakukan koreksi angka penjualan. Perubahan target penjualan tidak tanggung-tanggung yaitu dinaikkan sekitar 20 persen.

MISALNYA PT Mazda Motor Indonesia (MMI). ATPM Mazda di Indonesia, merevisi target penjualan sebesar 20 persen sehingga menjadi 6.000 mobil pada tahun ini. sejalan dengan kondisi pasar otomotif domestik yang terus bergairah. Sebelumnya Mazda mematok target penjualan sepanjang 2010 sebanyak 5.000 mobil, naik signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 1.542 unit.

Sumber :http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7964/BAB+IV.+SEGMENTASI+PASAR.doc dan bataviase.co.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar